Arsip Kategori: kesehatan

ANDA SEDANG EMOSI…? LAKUKAN HAL INI..

Sahabat naiyazie. Apakah anda sedang dalam masalah saat ini…?? Anda sedang jengkel..? Marah.. ? Emosi ..? Atau anda sedang mengalami kegalauan tingkat tinggi..? Dan anda hanya menahannya dalam hati… No.. No.. No… Itu akan menyakiti hati anda mybro..  Lalu bagaimana solusinya.. ?? Mohon maaf sahabat, saya tidak bisa memberi solusi dari masalah anda, karena saya tidak tau apa masalah yang sedang anda hadapi… Namun begitu setidaknya ijinkan saya menulis ini untuk anda dan saya sendiri… 🙂

Sahabat, tahukah anda bahwa ada hal yang mudah di lakukan dan semua orang bisa melakukannya dan ternyata hal itu punya andil sangat penting bagi kesehatan fisik maupun emosi kita.. Woow.. Benarkah..?? Apa itu..? Yups.. hal itu adalah Menarik napas dalam-dalam. sangat mudah, gratis tanpa di pungut biaya mybro…

Di saat memendam amarah, kesal, jengkel, emosi.. Apa jadinya bila anda tidak bisa melampiaskan kekesalan anda dan hanya bisa menahannya dalam hati, sangat menyesakkan bukan.. ? Tarik nafas anda dalam dalam… Karena itu adalah salah satu cara ampuh untuk merelaksasi hati dan pikiran anda. dan bisa sedikit membuat hati ploooong.

Sahabat, coba lakukan sekarang ” tarik nafas anda dalam dalam dari hidung.. Tahan sebentar dan hembuskan perlahan lahan lewat mulut….. Ulangi dua sampai tiga kali… ”  dan rasakan yang terjadi.. bagaimana… Sudah sedikit relaks… ?? Lakukan hal mudah ini ketika anda sedang dalam kondisi menahan emosi… Jangan biarkan barang barang di sekitar anda rusak atau orang yang tidak tau apa masalah anda menjadi korban kemarahan anda yang tidak terkontrol…

Seperti dikutip dari Reader Digest ada beberapa manfaat lain di saat kita menarik nafas dalam dalam.. cikibrot mybro… :

• Meredam stres …

Bernapas secara dalam membantu mengurangi stres ketika Anda sedang merasa tertekan. Lewat cara ini tubuh akan mengirimkan sinyal untuk memperlambat reaksi di otak, sehingga ada perubahan hormonal dan faktor-faktor fisiologis lain. Efeknya adalah memperlambat denyut jantung serta menurunkan tekanan darah yang tinggi saat stres.

• Menurunkan tekanan darah …

Bernapas secara dalam merangsang munculnya oksida nitrat alami yang berfungsi membuat seseorang lebih tenang. Zat tersebut akan memasuki paru-paru bahkan pusat otak, sehingga tekanan darah yang dalam keadaan tinggi bisa menurun.

• Memperlambat denyut jantung …

Saat kondisi emosi meninggi dan detak jantung terasa cepat, tariklah napas dalam-dalam. Cara ini bisa sangat efektif menurunkan detak jantung saat kondisi Anda sedang stres. “Ambil napas dalam-dalam dengan benar, lakukanlah sebanyak tiga kali. Detak jantuk dan tekanan darah pun akan menurun,” kata Dr. Abramson.

• Menurunkan amarah …

Ambil napas secara dalam ketika Anda mulai merasa emosi sedang meninggi. “Saat marah, tubuh akan merasa tertekan, dengan bernapas secara dalam bisa menurunkan emosi dan tekanan yang muncul,” kata Robert Nicholson, Ph.D., asisten profesor dari Saint Louis University.

Bagaimana sahabat…? Luar biasa bukan.. Hanya dengan menarik nafas dari hidung dalam dalam dan menghembuskan lewat mulut perlahan lahan banyak manfaat yang bisa kita dapat…

So.. Jangan tunggu amarah anda merugikan anda.. Merugikan siapapun dan apapun di sekitar anda hanya karena tidak bisa mengontrol emosi anda…

Okey sahabat, demikian rangkaian kata dari saya newseries, kalaupun ini tidak bermanfaat untuk anda setidaknya ini bermanfaat untuk saya… 😉

Terimakasih.

Posted from WordPress for Windows Phone

PLEASE.. , JANGAN ABAIKAN MINUM AIR PUTIH

Sahabat naiyazie. Tanpa terasa umat muslim telah menjalani separuh dari bulan Ramadhan.. woow… Sebentar lagi lebaran ya… ?? Iya .. Anda benar tapi bukan itu yang ingin saya bahas… Hehee.. Terus apa dong… ?? Di baca sampai habis dong… Hehee…

Pada bulan ramadhan .. Minuman apa yang anda siapkan untuk berbuka…?? Es teh manis.. Es jeruk.. Es sirup.. Es buah.. Es cincau.. Es kolak.. Atau Es Es yang lain… Semua pasti serba manis, iya kan…? Pasti … Kan di anjurkan tuh.. Berbukalah dengan yang manis … Sampai sampai terkadang kita melupakan yang di namakan air putih.

Berapa gelas sehari anda meminum air putih selama menjalankan ibadah puasa? Satu gelas.. Dua gelas.. Tiga gelas .. Atau tidak sama sekali… ?

Sahabat, Kalau anda termasuk orang yang mengabaikan air putih dalam arti lebih memilih minum minuman yang bukan air putih.. Waspadai akibat Kurang Minum Air Putih :

Karena kurangnya asupan air putih dapat berdampak bagi kesehatan tubuh, ini dia beberapa dampak yang di akibatkan… 

Membuat sel-sel otak menjadi tidak aktif.
Saat seseorang kekurangan pasokan air, maka dia akan mengalami dehidrasi. Dehidrasi ini dapat menyebabkan cairan otak menurun dan asupan oksigen yang seharusnya mengalir ke otak menjadi berkurang. Hal ini mengakibatkan sel-sel otak menjadi tidak aktif dan tidak berkembang, bahkan dapat menyusut.

• Menurunkan konsentrasi
Otak memiliki komposisi yang terdiri atas cairan, dan apabila otak tidak mendapatkan asupan air yang cukup, maka akan mengganggu fungsi kognitif (kepandaian). Otak yang tidak dapat menjalankan fungsi kognitif akan membuat seseorang menjadi mudah lupa, tidak konsentrasi, hingga lemot.

Menyebabkan infeksi kandung kemih.
sangat rentan terhadap infeksi kandung kemih, karena bakteri tidak dapat keluar akibat kurang minum air putih. Adapun gejala infeksi kandung kemih dapat berupa suhu badan sedikit naik, nyeri saat buang air kecil, perasaan tidak dapat menahan buang air kecil, terdapat nyeri tekan di atas tulang kemaluan, dan bahkan mungkin terdapat darah dalam urine. Bagi perempuan disarankan untuk lebih banyak minum air putih, karena panjang saluran kemih lebih pendek dari pada pria. Banyak mengonsumsi air putih dapat membantu bakteri keluar dari saluran kemih dan mengurangi risiko infeksi kandung kemih.

Membuat kulit menjadi kusam
Untuk anda para wanita yang mendambakan kulit cerah, Kurang minum air putih juga dapat membuat kulit menjadi kusam. Ini di sebabkan karena aliran darah kapiler di kulit tidak maksimal. untuk itu minum air putih yang cukup.

Mengganggu fungsi ginjal
Kurang minum air putih dapat menggangu fungsi ginjal. Oleh karena itu, minumlah air putih yang cukup setiap harinya, karena air dapat membantu mempermudah proses peluruhan komponen pembentuk batu ginjal, yang pada akhirnya keluar bersama urin saat buang air kecil

So.. Sahabat naiyazie, mulai saat ini. Kita harus menyadari betapa pentingnya air putih untuk tubuh kita… Please, jangan malas untuk minum air putih. Penuhi kebutuhan harian anda akan air putih agar terhindar dari gangguan-gangguan kesehatan yang tidak kita inginkan.

Sekian rangkaian kata dari newseries, Semoga bermanfaat, terimakasih.

sumber: Wolipop

Posted from WordPress for Windows Phone

MATIKAN ROKOKMU SEBELUM ROKOK MEMATIKANMU

Siapa yg tidak tau bahaya merokok, bagi perokok aktif maupun perokok pasif yg hanya kebagian menghirup asap rokok, tanpa di sadari atau tidak mau menyadari adalah musibah jangka panjang bagi keduanya…
Bagi para pecandu rokok akan menjadi hal yg sulit untuk berhenti merokok, meskipun sebenernya pasti bisa berhenti tapi selalu saja ada alasan untuk tetap menikmati racun dari asap rokok…
bagi siapapun yg tidak ingin batuk batuk karena menghisap asap rokok, jgn pernah mencoba karena sekali mencoba kecanduan akan menguasai anda.
itu kata Vivi teman saya lho waktu dia mengingatkan saya untuk jangan sekali kali mencoba yg namanya rokok, sadar juga dia, padahal dia sendiri perokok berat. Hehehee…

Jadi inget jaman dulu waktu msh menuntut ilmu di ibukota, biasa anak rantau yg tinggal di kost2an yg bisanya cuma mengandalkan kiriman orang tua, kadang2 kiriman suka telat.. Hehehee… Kebetulan saat itu Vivi yg dapet giliran telat kiriman… Anehnya dia lebih memilih membelanjakan sisa uang yg dia punya untuk dua bungkus rokok mild yg biasa di habiskan 2hr dari pada 12 bungkus mie instan plus telur untuk persediaan makan 4hr… 

Walaah.. Walaaah… Pilihan yg aneh menurut saya… Yaah meskipun sesama anak kost biasa berbagi alias ngga usah khawatir laper, tp kok dia rela ya makan asap rokok selama 2hr..? Klu aku yo pasti milih mie instan… Hehehee…

Aku jd mikir, separah itukah efek dari NIKOTIN yg bukan sekedar menyebabkan ketergantungan/  kecanduan, darah cepat membeku, pengerasan dinding arteri, ternyata nikotin juga bisa merusak syaraf otak temen saya

selain nikotin yg berbahaya masih ada  TAR zat ini biasa di gunakan sebagai dasar pembuatan aspal, walaah bray… Paru paru kan bukan jalanan, ngga perlu TAR juga kan…?  nah klu anda yg perokok mulai merasakan dada sakit, sesak napas itu bisa jadi karena peningkatan produksi lendir di paru paru anda, efek jangka panjangnya kanker paru paru bisa menyerang anda, tidak ada kata terlambat.. Berpikir dan coba untuk berhenti mulai dari sekarang…

bukan cuma kanker paru paru lho bray,  perokok aktif maupun pasif berpotensi terkena kanker seperti kanker rahim, payudara, lidah sampai lambung. Kanker lambung bisa terjadi disebabkan asap rokok itu sebagian tertelan dan merusak sel-sel selaput lendir di lambung dan mengubahnya menjadi sel kanker dan itu semua di sebabkan oleh Zat Karsinogen yg memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh…  Ciyuus nih bray, masih nggak ngeri… ?

bukan cuma itu bray..  jantung anda juga terancam oleh  zat Karbon Monoksida yg mengikat hemoglobin, sehingga tubuh menjadi kekurangan oksigen dan menghalangi transportasi dalam darah dan ini bisa menyebabkan stroke

Naaah, zat Iritan ini nih yg ternyata mengotori saluran udara dan kantung udara dalam paru-paru dan itu adalah penyebab kenapa anda jadi batuk batuk….

Gimana bray… Masih mau lanjut merokok…? Hidup adalah pilihan dan anda yg menentukan bagaimana anda memperlakukan diri anda… sayangi diri anda karena keluarga anda begitu menyayangi anda…..

Mungkin tips ini bisa sedikit membantu anda jika anda sungguh sungguh ingin berhenti merokok :

• segala sesuatu harus di awali dengan niat, anda harus punya niat yang sungguh-sungguh untuk berhenti merokok.
• cobalah untuk membenci rokok, jangan membenci saya lho ya… Hehee, pikirkan hal apapun yg jelek jelek terhadap rokok, tidak berguna, bikin pemborosan, bikin penyakit atau apalah terserah anda.
• kalau memungkinkan bergaulah dengan orang yang tidak merokok, klu harus tetap bergaul dengan perokok katakan kpd teman anda kalau anda ingin berhenti merokok. Teman yg baik pasti akan mendukung niat baik anda.
• sering-sering pergi ke tempat yang ruangannya ber-AC. jika anda yg bekerja di dalam ruangan ber-AC mampu untuk tidak merokok selama 8jam , anda pasti mampu melakukan untuk 2 x 8jam berikutnya.
• buang atau pindahkan korek api, asbak, atau apapun barang-barang yang berhubungan dengan rokok.
• jika anda ingin merokok, tundalah dan katakan pada hati anda aku  sungguh sungguh ingin berhenti.
• jangan sungkan untuk memberi tahu orang terdekat anda dan keluarga anda ” saya ingin berhenti merokok”
• klu berhenti merokok sangat berat bagi anda, kurangi merokok sedikit demi sedikit.
• hilangkan kebiasaan ngelamun, bengong atau menunggu.
• cari pengganti rokok, misalnya permen dan lain – lain
• klu anda gagal dengan semua tips di atas, jangan menyerah… Dan Jangan pernah berhenti mencoba. Tetap semangat untuk hari tua anda.

selamat mencoba….. Mencoba dan terus mencoba….

•••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••••

” jika anda merasa hidupmu gelap dan semua pintu telah tertutup, ingatlah tidak semua pintu yg tertutup itu terkunci ”

<

p class=”post-sig”>Posted from WordPress for Windows Phone