MITOS- anak pertama pamali menikah dengan anak ke tiga.

Sebagai orang jawa tulen asli tanpa rekayasa ada sesuatu yg aku mengerti namun tak begitu aku pahami, adalah tentang sebuah MITOS larangan… aku mengerti itu ngga boleh tapi ngga begitu memahami kenapa itu ngga boleh…

Tentang sebuah larangan, dari sekian banyak larangan yg sejak lama aku tau , ada satu mitos yg baru aku tau.. Adalah Mitos tentang sebuah hubungan dimana anak pertama tidak boleh menikah dengan anak ketiga. Kenapa bisa begitu yaa… ? Namanya juga mitos.. Ngga pernah ada jawaban pasti…

Untuk urusan hitungan jawa dalam perjodohan, Memang setau saya  bagi kebanyakan orang jawa sangat ribet sekali, banyak aturan yg harus di patuhi.. Belum lagi hitung hitungan hari lahir dan hari pasaran… Mumet mumet deh.. Orang yang lahir di hari pasaran ini ngga boleh menikah dengan orang yg lahir di hari pasaran itu… Orang yg hari lahirnya ketemu segini ngga boleh menikah pada hari yang ini… Naah, Ribet kan… ?

Yang menjadi pertanyaan saya adalah.. Why mbah… Kenapa ngga boleh..?  dan lagi lagi tidak pernah ada jawaban pasti… ” yen di omongi wong tuo ki ora usah ngeyel..  yen ora elok yo ora elok nduk… Pamali….    Waduuuh… Ngga bisa kompromi nih sepertinya.. Hehehe.. πŸ˜‰ 

Tapi sejujurnya, rasa ingin tau saya terus mengusik pikiranku…  ” seandainya larangan itu di langgar dan hubungan antara anak pertama dan ketiga di lanjutkan ke jenjang pernikahan, apa yg akan terjadi… ? “

saya mendapat jawaban dari beberapa teman dan sahabat yg kebetulan tetap melakukan pernikahan tanpa peduli adanya larangan yg memang tidak jelas juga dari mana asal usulnya… ( anak pertama menikah dengan anak ketiga…) #jawaban versi mereka tentunya…

Sejujurnya, ada perasaan tidak percaya dalam hati mendengar pengakuan mereka.. Tapi inilah yang terjadi bahwa mereka yg  tetap menikah dan mengabaikan larangan itu akan selalu mendapat  cobaan dalam rumah tangganya entah itu kekurangan ekonomi, sering cekcok, bahkan ada yg berujung dengan perpisahan… Sekuat itukah pengaruh sebuah Mitos dalam pemikiran manusia yg bisa berdampak nyata pada kehidupan… ?

Terlepas kita percaya atau tidak akan sebuah mitos, ada hal yg harus kita pahami.. Urip wes ono seng ngatur… Tidak akan ada satupun dari kita yg bisa melawan ketentuan Tuhan.. Itulah Takdir…..

Apakah Mitos tentang sebuah hubungan dimana anak pertama tidak boleh menikah dengan anak ketiga ini juga terjadi di daerah atau dalam keluarga anda… ?

Setiap orang, siapapun kita berhak atas pemikiran masing masing terhadap segala hal… Saling menghargai adalah pilihan yg tepat untuk menciptakan keindahan dalam sebuah perbedaan…


β€œKebenaran itu adalah dari Rabb-mu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.”

Posted  from WordPress for Windows Phone

63 thoughts on “MITOS- anak pertama pamali menikah dengan anak ke tiga.

    1. newseries Penulis Tulisan

      Waduuh… Wkwkwkk…. Ini hanya Tentang kehidupan, menulis apa kata hati dengan bahasa cinta.
      Semua isi warung di buat dan di sajikan dengan penuh cinta…
      #ngguyu ngguyu dewe…

      Balas
  1. 46sukses.com

    Nyimak ajalah,,di warung a s m a r a,,,,,,,,
    *huassssyem,keceplosan,,yg bener adlh blognya orang berpendidkan,,,,,hehehe

    Balas
  2. Mase

    guweh sudah pernah ni punya pengalaman seperti ini.waktu itu pacar guweh itu anak ketiga dan guweh sndiri anak pertama.ibunya menentang keras jika kami lanjut menikah katanya orang tua bakalan ada yg meninggal.ibunya ngotot seperti itu karena hal ini sdh pernah beliau alami. saat kakak cewe guweh nikah dulu juga dapat anak no 3, nah stlh itu bapak cewe guweh meninggal. karena tidak mendapat reatu dr ibunya dia akhirnya kami putus.padahal kmi masih saling mencintai.
    nitip salam buat dek Wulan Tri Daswanti di Kra.
    (maaf jika curhat guweh twrlalu panjang, bahkan bisa lbh panjang dr ini)

    Balas
    1. athleteriders

      ya itu sama, ancamanya dulu sebelum aku nikah sama jessica alba brot, dasare aku tukang ngeyel yo tak eyel wae. Alhamdulillah sampai sekarang dan semoga seterusnya tetep tidak ada apa2. kalaupun ada apa2 itu sudah ketentuan-Nya. g enek sangkut paute karo mitos seperti itu πŸ™‚

      Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Anak ketiga itu anak yg di lahirkan setelah anak pertama dan anak kedua.. Nah.. Anak pertama itu adalah anak nomer satu atau anak tertua sebelum anak nomer dua .. Tiga.. Empat dan seterusnya… Begitu kira kira… πŸ˜‰
      mas odi sendiri anak nomer berapa.. ? Hehee…

      Balas
      1. Mas Odi

        oh saya paham sekarang. maksudnya, bukan sekadung kan! kirain :mrgreen:

        kalo saya mah anak pertama. suku jawa, tapi gak asli. artinya boleh nikah sama anak ke 3 πŸ˜€

        mitos 13 nih πŸ˜‰

    2. newseries Penulis Tulisan

      yups.. Betul itu… πŸ™‚
      Sssttt.. Jangan bilang sm keluarga tentang mitos ini yaa.. Entar kamu jadi ngga boleh sama anak ke tiga lho.. Xixixii… πŸ˜‰

      Balas
      1. Mas Odi

        hehe. tapi saya tambah penasaran sama mitos jawa ini nih! coba deh tanyakan lagi sama mbah sis, kalo anak pertama nikah sama anak ke 2, nah, terus mau poligami lalu nikah lagi dengan anak 3, apakah bisa? secara angka 13 tidak terjadi (123) πŸ™‚

      2. newseries Penulis Tulisan

        Hehehee… Saya sudah ngga punya mbah…
        untuk pertanyaan ini saya aja yg jawab.. πŸ˜‰
        Kalau aku sih harus tegas berkata Tidak bisa… #lhooh.. Xixixii..

    1. newseries Penulis Tulisan

      Oalaah… Jadi gara gara mitos 13 ini to kenangan 10thn yg lalu tercipta… Xixixii…
      Banyak korbannya ternyata.. Okeh koncone… πŸ˜‰

      Balas
  3. athleteriders

    ah tergantung yang jalanin sih. ane anak ke-3 dari 3 bersaudara, istri ane anak pertama sampe dikaruniain bidadari kecil sama Allah SWT, alhamdulillah fine2 saja tuh. padahal keluarga istri ane jawa tulen dan sempat ditentang dengan keras pake banget tapi berhubung ane ngeyel akhirnya dilepas juga tuh buat jadi istri ane πŸ™‚

    Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Ooh .. Ternyata udah banyak yg tau dan mengalami ini toh..
      Terlepas kita percaya atau tidak dgn mitos itu, yg terpenting Restu orang tua harus kita dapat.. Gitu kali yaa.. Ngeyel dikit rapopo lah.. πŸ˜‰

      Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Aku wes ora duwe mbah.. Hehee.. Neng primbon onone perhitungan jodoh mas.. Yen iki murni terinspirasi dari curahan hati seorang teman…. πŸ™‚ aku wae lagi ngerti yen ono aturan ngono kuwi..
      dan ternyata udah banyak yg tau dan mengalami.. Xixixii..

      Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Waduuh.. Iso nangis iki mergo ora iso jawab.. πŸ˜‰
      itu kenapa di akhir rangkaian kata saya tulis arti dari ayat al-Qur’an surat al-Baqarah ayat 147:

      β€œKebenaran itu adalah dari Rabb-mu, sebab itu janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang ragu.”

      Supaya ada pegangan ketika hati kita mulai ragu dan percaya dengan hal demikian..
      dan semua saya kembalikan pd diri masing masing.. karena bukan kapasitas saya untuk menilai ini benar.. Itu salah.. Saya ngga cukup ilmu mas..
      *sampeyan kan yang lebih paham to mas..
      #malah isin dewe aku.. πŸ˜‰

      Balas
  4. Mas Sayur

    MITOS…
    hmmm…ini soal besar dan berat sebenarnya…
    sbg suku jawa yang beragama Islam masih umum di jumpai menggunakan perhitungan macam itu yg berkaitan dg mitos dg alasan tradisi yg sebenarnya itu adalah peninggalan tradisi umat Hindu sebelum Islam masuk tanah jawa..
    jadi mari… sobat muslim yang suku jawa,kita harus bijak menentukan..
    Mau jadi JAWA yang ISLAM…??? atau ISLAM yang JAWA..???
    semoga di mengerti…
    maaf jika terlalu panjang…

    Balas
      1. newseries Penulis Tulisan

        Ikuti saja apa kata hati… Segala keputusan yang kita ambil pasti beresiko… Satu hal yang pasti.. Restu orang tua harus di dapat.. Karena restu orang tualah yang memuluskan jalan untuk bahagia.. πŸ™‚

      1. newseries Penulis Tulisan

        Yen nyenengke wong tuo siapapun pasti kepingin termasuk aku.. Hehee..
        Penasaran sama alasan secara logikane .. Gimana bro..?

      2. abu lana

        logikanya adlah, dmna qta sling suka & ke4 ortu se7 ea udah tggl apalagi!!!! yg pnting sma2 happy atuh BOY………

  5. Yoges

    Kalau saya sebenarnya anak ke 2, menjadi anak pertama ketika kaka’ saya lahir umur 3 bulan meninggal dan saya di anggap anak pertama dan sekarang berencana menikah dengan anak le 4 namun bukan suku jawa, nah situasi dan kondisi gt gmn ya? Pencerahan, kebetulan ane jawa

    Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      dlm peritungan jawa anda tetap menjadi anak kedua dan kakak anda sebagai anak pertama meski sudah meninggal… yang tidak di perbolehkan itu apabila anak pertama menikah dengan anak ke 3.. kalau calon pendamping anda ank no 4 saya rasa ngga ada masalah… lagian ini kan cuma mitos. yang terpenting anda dan calon pendamping anda sama sama mendapat restu dari orang tua… terimakasih atas kunjungannya..

      Balas
  6. acul

    Mau nanya ya buat temen2..
    -Saya anak no 3 dari ibu dan anak no 2 dari bapak(artinya ibu menikah 2 kali setelah punya 1 anak dari mantan suami) dan saya anak terakhir/ragil.
    -Istri saya anak no 1 tapi sebenarnya punya kakak(kakaknya meninggal dalam keadaan hamil).Istri saya punya adik satu.
    -Saya dan Istri saya sudah punya anak 1.
    Yang saya tanyakan:
    1.Dalam jawa saya anak keberapa?
    2.Dalam Jawa istri saya anak keberapa?
    Terima kasih.

    Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Anda anak no 3 dari keluarga anda meskipun beda ayah.. Dan istri anda tetap anak no 2 dalam keluarga meskipun kakaknya sudah meninggal tetap saja kakaknyalah sebagai anak pertama…
      Sekali lagi ini hanya mitos…
      Terimakasih sudah berkunjung…

      Balas
  7. Ryndu

    Mau nanya n!ch sob :
    Tolong yg tau jawab ya …?
    Mamaku dulu hamil tp! Bay!nya men!nggal dlm kandungan ……hb!s !tu ham!l lg! Q ……clo bgtu apa saya juga anak pertama ya sob ……??
    Masalahnya skfg q lg! Pcran ma ank no 3 tp! Kta”org ..!tunganya JiLu ….bner ngk ya sob …?

    Mkas!h

    Balas
    1. abu lana

      emmm klo itu msalahna,,, kmu adlah anak no 2, cz wlopun anak prtma dri ibu kmu mninggal,itu adlah ttp kk kmu,, tp prlu diingat,, sbnernya siapun bleh mnikah dg anak kberapapun, toh itu ndak ada dlm lrangan agama isla,krena yg dilrang mnikahi itu hnyalah sdra sepupu,sdra kndung,&orang tua sndri,,,,, smga brmanfaat msukan dri sya, slam lemper dri jwa tmur…

      Balas
  8. abu lana

    em-em,,, kalo mnurut islam mah, yg g bleh dinikahi itu hanya sdara kandung sedarah,orang tua,& sdra sesusu gtu… klo mah ank 1 g bleh ma nak 3 itu kmbali pda dri sndri… yg pntg klo mao nikah itu hrus yakin,manteb ati sejalur dg sariat agama msing2, & jgn terombang ambing dlm brita kabur yg kn mmbuat hti qta dlm keraguan atas mitos tersebut,,, pepatah blang smua msalah ada solusi,,,, cz hidup,rejeki,jodoh,& maut itu udah ktentuan sang gusti Allah….. yg hrus qta lkukan adlah mnjalani smuana dg pnuh ksbaran,ketabahan,&keikhlasan… insyaAllah smua kan berkah nan diridloi Allah,,, amin…..

    Balas
  9. Viki desi andriani

    Kalau saya cewek anak ke 1,trus calon saya cowok anak nomer 3.Dia punya saudara 4.Tp katanya adiknya yg nomer 4 itu meninggl wktu msh kcil.Trus ituw gmn ya.Apa aq msih bisa nerusin hubungan ini ampe jenjang pernikahan.Apa saya harus berhenti sampai disini.Sebenarnya aq bner2 sayang ma dia.Aq gak mau kehilangan dia.Trus apa yg harus aq perbuat soal hubungan ini.

    Balas
  10. muhammadrifqiaa

    Wah, udah ada yang bahas ya.
    Hehe, ane tadi iseng iseng browsing info ini di gugel, eh, muncul blognya mas yang bahas “Pamali menikah antara anak pertama dan ketiga”.
    Jujur aja gan, mitos ini buat ane gelisah, soalnya ane anak ketiga dan “temen” ane anak pertama. Yang ane tau sih ya kalo ada yang melanggar mitos ini, nantinya pasangan tersebut akan seret rejeki

    Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Memang ada yg seperti itu … tp Bisa jadi itu hanya kebetulan yang di kait kaitkan… Lebih baik kita Percaya dengan apa yg sudah menjadi ketetapan Tuhan …. πŸ˜‰

      Balas
  11. joko sumarlis

    saya jga bingung?aku anak 1&cweku anak ke3 kami dah merencanakan mw menikah&ortu dia pun baik” aja tpi stelah tw q ni anak ke3 dia benci ngliat q..?akhrnya kmi pisah pdahal ortuku gk percya ma mitos itu..sampai saat ini?yg sya tnyakan apa q haruz jauhn dia.. sdangkn ortuku tetp mensport q..

    Balas
    1. newseries Penulis Tulisan

      Menjalin hubungan tanpa restu bukan sesuatu yg mudah untuk di lalui… Apalagi jika anda telah merencanakan menikah tentunya anda harus mendapat restu kedua orang tua dari anda dan calon pasangan anda…. Jika ortu dari salah satu pihak tidak memberi restu lebih baik di pertimbangkan kembali…
      tidak lagi menjalin sebuah hubungan bukan berarti harus memutus tali silaturahmi… Terimakasih sudah berkunjung..

      Balas
  12. febry andika

    Adakah diantara kalian yg sudah mngalami mnikah dgn posisi sperti itu… dn apkah yg terjadi??? Apkh benar mitos itu terjadi???

    Balas
  13. ruslirusfadli

    Aku anak ketiga dan isteriku anak pertama pernikahan kami cuma berjalan salama beberapa bulan dan kami berpisa….mungkin juga mitos itu benar tp yg hanya percaya pada allah swt

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s